12 Apr 2012

Selayang Pandang ISMKMI


Logo pertama
Selayang Pandang Pembentukan IOMS-IKM
(Ikatan Organisasi Mahasiswa Seprofesi – Ilmu Kesehatan Masyarakat)




Didorong oleh adanya keinginan luhur serta kesadaran akan peran, kewajiban, dan tanggung-jawab untuk membentuk Himpunan Organisasi Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat se-Indonesia dalam suatu wadah yang berfungsi sebagai suatu sarana untuk bertukar pandang dan pikiran dalam suasana kekeluargaan guna memecahkan persoalan-persoalan yang timbul di dalam masyarakat ilmiah, khususnya dalam Pembangunan Nasional berkelanjutan berwawasan kesehatanyang semakin komplek di negara kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Ilmu kesehatan Masyarakat. Beserta keyakinan yang penuh terhadap pengabdian dan perjuangan Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Indonesia hanya dapat berhasil dengat rahmat Allah Yang Maha Kuasa serta usaha yang teratur, tearah, dan terancana; maka lahirlah ide yang mengilhami kami secara tulus dan ikhlas untuk menghimpun dalam satu ikatan, ISMKMI.

Untuk mewujudkan ide tersebut bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan lebih dari sekedar kerja keras yang melelahkan dalam waktu yang cukup panjang.
Atas inisiatif senat Mahasiswa FKM UNHAS, maka dimulailah realisasi renccana tersebut setahap demi setahap. Awalnya, pada pertengahan tahun 1989 SEMA FKM UNHAS mengirimkan 2 orang dutanya keberbagai universitas yang membina FKM dan PSKM sebagai langkah awal penjajakan pembentukan Ikatan Senat mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia. Para delegasi tersebut adalah Mr. A. Mansur dan Mr. Fachruddin. Dari penjajakan di UI Jakarta, UNDIP Semarang, dan UNAIR Surabaya diperoleh hasil yang memuaskan serta adanya dukungan dari mahasiswa FKM dan PSKM mengenai pembentukan IOMS.
Kemudian pada akhir tahun 1989, 25 orang Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UNHAS kembali melakukan pertemuan dan seminar ilmiah di FKM UI, PSKM UNDIP, PSKMUNAIR, FK UGM, dan FK UNUD dalam konteks ”Studi Perbandingan Jawa-Bali” yang tujuannya tiada lain untuk menyamakan persepsi baik terhadap Mahasiswa Kesehatan Masyarakat maupun Mahasiswa Kedokteran untuk kelancaran rencana pembentukan IOMS.
Pada tahun 1990 SEMA FKM UNHAS mengutus kembali 2 orang duta, yakni: Mr. Lukman Waris dan Mr. Azriful. Dalam kunjungannya ke PSKM USU, PSKM UNDIP, PSKM UNAIR, dan FKM UI. Dimana maksud dari kunjungan tersebut adalah guna mengkonfirmasi waktu dan pelaksanaan Musyawarah Nasional (MUNAS). Dari kunjungan terseput, maka diperoleh kesepakatan untuk memberikan tanggung-jawab besar tersebut kepada SEMA FKM UNHAS sebagai panitia penyelenggara MUNAS I ISMKMI di Ujung Pandang (Makassar).
Di pertengahan tahun 1991 panitia penyelenggara MUNAS I ISMKMI mulai merealisasikan rencana tersebut dengan terlebih dahulu mengutus kembali dua orang panitia -Mr. A. Mansur dan Mr. Lukman Waris- dalam tujuan mengkonfirmasi waktu dan teknis MUNAS I ISMKMI. Dari hasil konfirmasi tersebut, maka disepakati bahwa MUNAS I ISMKMI akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 Desember 1991 di Ujung Pandang.

Pada tanggal 21-22 Desember 1991 diadakan rapat pendahuluan yang disebut dengan pra-Munas I ISMKMI yang dihadiri oeh:
- Mr. Bambang K., Mr. Jamalaul Insan, Mr. Ede Surya Darmawan, dan Mr. Dono Widiatmoko dari Universitas Indonesia.
- Ms. Henny Kushardiani, Mr. Andika Ochman, Ms. Nurmah Indrijati, dan Mr. Bagus Widanto dari Universitas Airlangga.
- Mr. Nurul Hilal, Ms. Carol Constansia, Mr. Heru Pujiono, dan Mr. Muh. Khoirul Hidayat. Dari Universitas Diponegoro.
- Mr. Alias, Mr. Azriful, Mr. Marwan Baits, dan Mr. Aminuddin Syam dari Universitas Hasanuddin.
Dalm pertemuan yang diwarnai suasana kekeluargaan dan penuh keakraban, maka lahir rumusan:
1. Tata-Tertib MUNAS I ISMKMI.
2. Agenda Acara MUNAS I ISMKMI.
3. Tata-Tertib Persidangan MUNAS I ISMKMI.
Pada akhirnya semua delegasi bersepakat untuk memutuskan:
1. Menyetujui usulan Panitia Penyelenggara dan siap melaksanakan MUNAS I ISMKMI.
2. Menyusun draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ISMKMI.
3. Menyempurnakan Tata-Tertib MUNAS I ISMKMI dan Tata-Tertib persidangan dan Agenda Acara MUNAS I ISMKMI.
Pertemuan tersebut telah dihadiri oleh SEMA FKM dan PSKM se-Indonesia, namun sayangnya PSKM USU tidak dapat hadir dalam pertemuan tersebut.

Sehingga akhirnya pada tanggal 24-25 Desember 1991 diselenggarakan MUNAS I ISMKMI di Ujung Pandang. Menghormati perjuangan saudara-saudara pendahulu kita, maka tanggal 24 Desember 1991 dideklarasikan mejadi hari lahirnya Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Indonesia (ISMKMI) -Assosiation of Indonesian Public Health Student Organization-.

http://sekjendismkmi.blogspot.com/

CopyRight : ismkmi wilayah IIII

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar